Sejarah PT Kawasaki Motor



Sejarah PT Kawasaki Motor - Sebelum kebahsan poko dari artikel ini lebih baiknya anda membaca artikel sebelumnya yaitu tentang Sejarah PT Suzuki Motor supaya anda para bikers dan pecinta motor diindonesia bisa mengetahui tentang ulasan sejarah pabrikan motor yang sekrang ini mendunia sesudah anda membaca artikel sebelum artikel ini barulah anda membaca artile tentang Sejarah PT Kawasaki Motor yang semoga bisa menambah ilmu pengetahuan anda didunia otomotif , Kawasaki, untuk satu pabrikan besar asal Jepang yang ikut meningkatkan produknya di Indonesia pada th. 1980. Awalannya, pabrikan Kawasaki di Indonesia dari grup Kawasaki Heavy Industry (KHI), memanfaatkan nama PT. Bintang Jelas pada awal th. 1980, yang lebih di kenal dengan arti " Binter ". Demikian pula product Kawasaki di Indonesiapun di beri label Binter pada tiap tiap produknya.
Pada th. 1984 atau 1985, Kawasaki tutup usaha " Binter " nya di Indonesia, dikarenakan suatu masalah yang memiliki PT. Bintang Jelas, Eddy Tanzil yang buron ke luarnegeri. Baru pada th. 1996, Kawasaki kembali berkiprah dengan nama PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI), serta tdk memanfaatkan nama " Binter " lagi.

Sesungguhnya Kawasaki Indonesia menghasilkan beragam tipe sepeda motor, dari motor type sport, touring sampai ke type bebek. Sama sesuai judul tulisan diatas, kita mengulas beragam type motor sport-touring atau motor sport jantan Kawasaki.

Selanjutnya berapa sepeda motor sport-touring Kawasaki :

Binter Merzy KZ 200
Pada th. 1980, disaat Kawasaki tetap memanfaatkan nama Binter, mengenalkan product pertama sepeda motor berkapasitas mesin besar, yakni Binter Merzy, atau Binter Merzy KZ 200. Berkapasitas mesin 200 cc dengan mesin 4-tak, untuk sepeda motor berkapasitas mesin yang terbesar pada th. 1980-an. Binter Merzy bersilinder tunggal. Sayangnya sepeda motor Binter Merzy KX 200 cuma di produksi hingga th. 1985, sejalan dengan tutupnya perusahaan PT. Bintang Jelas.

Binter Merzy KZ 200 di produksi dengan cara massal di Indonesia mulai sejak th. 1980. Disaat masa produksi ada 1 kali pergantian type ditahun akhir dari type pendahulunya jadi lebih sporty atau yang umum dimaksud Merzy New Tank. Binter Merzy pada masanya jadi idola banyak biker buat kreasi modifikasi jadi wujud motor chopper ala Harley Davidson, serta hingga saat ini terdapat banyak penggemarnya.

Binter Merzy KZ 200, di buat dalam 2 model, yakni :
Binter Merzy KZ 200 (1980)

Platina
Binter Merzy dengan pengapian platina di produksi hingga th. 1982.
CDI
Binter Merzy dengan pengapian CDI, mulai th. 1983 sampai th. 1985, udah memanfaatkan starter tangan, rem cakram depan serta sistim kelistrikan DC 12 volt, hingga lampu depan lebih stabil dengan tombol lampu dim yang efisien. Maka Binter Merzy ada dengan situasi motor yang sangatlah nyaman, stabil diperlukan buat touring jauh.


Walau Binter Merzy KZ 200, udah tdk di produksi lagi sekarang ini. Tetapi motor ini konsisten eksis, khususnya untuk penggemarnya, yang bikin Binter Merzy konsisten jadi legenda.


Binter KE 125





Berjenis motor trail bermesin 125 cc, 2 gak, yang terbilang gagah pada th. 1981-an. Apabila tdk salah Binter KE 125 di luncurkan oleh Kawasaki kurang lebih th. 1981 di Indonesia. Binter KE 125 punyai suspensi depan yang panjang, begitupun pada swing arm juga lebih panjang, hingga nampak kokoh. Sedang pada tangki dengan wujud volcano yang lebih moderen, dibandingkan motor trail product lain yang tetap menggunakan jenis lama pada kala itu. sejenisnya Penampilan Binter KE 125 didesain segera oleh pihak Kawasaki (KHI) Jepang.
Hadirnya Binter KE 125 sezaman dengan Suzuki TS 100 serta Yamaha DT 100, hingga menyemarakkan persaingan dalam beragam even Motocross pada jaman 1981-an.

Binter AR 125


Kawasaki pada th. 1982, mengenalkan product sepeda motor " super " nya, yakni Kawasaki AR 125, serta oleh Distributor Bintang Jelas di Indonesia, pada th. 1984, Kawasaki AR 125 masuk ke Indonesia dengan nama Binter AR 125 dengan cara CBU dari Jepang. Sepeda motor Binter AR 125 ini yaitu product yg paling dihandalkan oleh Kawasaki kurang lebih th. 1985-an. Binter AR 125 ini berjenis sport touring bermesin 2-tak 125cc, 1 silinder, 125 cc serta monoshock. Sepeda motor ini mempunyai 2 versus yakni Spoke Wheel (SW) serta Cast Wheel (CW).

Masuk ke Indonesia dengan varian Spoke Wheel, namun tenaga sedikit dibawah varian Cast Wheel (CW) yg di jual di Thailand serta Malaysia. Keduanya tidak sama dari sisi penampakan dari velg, pakai velg Enkei Cast Wheel asli Jepang.
Pada awal kemunculan Binter AR 125 untuk motor sport, awalannya amat menarik perhatian beberapa pemakai sepeda motor di Indonesia, khususnya dengan harga " mahal " nya serta makna " motor sport " buat Binter AR 125.

Dengan keadaan motor yg terbilang mutakhir buat waktu 1984-an, dapat di katakan Binter AR 125 ini untuk yg terkencang pada masanya. Binter AR 125 pada keadaan standard pabrik menggapai top speed 130 km/jam cuma dalam tempo singkat. Dengan sedikit upgrade, konon Binter AR 125 sempat menggapai top speed 180 km/jam di Sentul.

Binter AR 125
Spesifikasi :
Mesin : 2-stroke, 124 cc, radiator
Kompresi ratio : 6. 5 : 1
Power : 22hp @9500rpm
Torsi maksimum : 1, 7 kg-m @8. 000 rpm
Top speed : 130 km/jam (standard pabrik)
Tangki : 11, 5 ltr
Suspensi :
- depan : teleskopik
- belakang : monoshock unitrak
Roda :
- depan : 2. 75-18 "
- belakang : 3. 00-18 "
Velg : enkei cast wheel
Cover body : full fairing
Transmisi : 6 speed
Stang : clip on
Lampu depan : halogen
Rem depan : cakram single piston
Rem belakang : tromol
Berat : 107 kg
Knalpot : racing

Kawasaki Ninja 250


Pada th. 2008, pabrikan Kawasaki keluarkan varian Kawasaki Ninja dengan kemampuan mesin 250 cc, 4-tak, 2 silinder, 2 karburator, yakni Kawasaki Ninja 250R.
Kawasaki Ninja 250 membawa penyegaran baru genre motor sport sejati kelas premium. Unggul dengan volume body yang kokoh dilengkapi dengan rancangan mesin yang besar, lampu depan ganda yang agresif, wujud tail minimalis. Kawasaki Ninja 250 didesain untuk keharmonisan dengan tingkat tinggi pemakai sepeda motor di Indonesia.

Spesifikasi :
Kawasaki Ninja 250 R
(http :// kawasaki-motor. co. id)
Mesin : 4-stroke
Pendinginan : air, dua buah sejajar
Maksimum power : 23. 5 kW {32 PS}/11, 000 RPM
Torsi maksimum : 21. 0 n-M {2. 1 KGF-M}/10, 000 RPM
Volume silinder : 249 cm3
System bahan bakar : fuel injection sistim (o28 mm x 2) dengan katup throttle ganda
System pengapian : digital
Transmisi : 6 speed, return shift
Suspensi :
- Depan 37 mm telescopic fork
- Belakang : uni-trak, style gas-shock serta 5-tingkat penyetelan
Rem :
- Depan : tunggal disc diameter 290 mm dengan kaliper dual-piston
- Belakang : tunggal disc diameter 220 mm dengan kaliper dual-piston
Ban :
- Depan : 110/70-17 M/C (54S)
- Belakang : 140/70-17 M/C (66S)
Panjang x lebar x tinggi : 2, 010 x 715 x 1, 110 mm
Jarak poros roda : 1, 400 mm
Jarak ke tanah : 785 mm
Berat : 172 kg
Kemampuan tangki : 17 liter
Harga Indonesia : Rp. 52. 900. 000, -

Semoga artikel tentang Sejarah PT Kawasaki Motor Bisa bermamfaat buat sahabat otomotif

0 Response to "Sejarah PT Kawasaki Motor"

Posting Komentar